Persiapan Menjelang UAN 2010

2/06/2010 07:29:00 AM / POSTING BY erik kurniawan /

Ada beberapa persiapan penting yang musti dilakukan untuk menghadapi UAN.Banyak nasehat yang harus didengar,banyak motivasi yng harus dibaca,dan banyak ilmu yang harus dipelajari.Berikut adalah beberapa kegiatan yang menunjang persiapan para peserta UAN yang akan mengikuti ujian di bulan Maret ini.Semua ini saya(penulis)dapatkan dari berbagai sumber,diantaranya:Ustadz/Kyai,Guru,Orang Tua,Teman,Sahabat,Media,Dunia maya,dan masih banyak lagi.Terutama yaitu motivasi,do'a dan nasehat yang saya dapatkan dari pondok saya yakni Ponpes Subulus Salam,Ngunut.Sudahlah,berakhir disini saja intermezo dari saya,kalau saya kebanyakan basa-basi,pasti kita tidak akan pernah sampai pada intinya.Persiapan Menjelang UAN 2010 yang saya maksudkan adalah:

  1. Belajar(mutlak)
  2. Berdo'a,baik sendiri maupun berjamaah
  3. Rajin beribadah Wajib
  4. Tirakat:sering berpuasa sunah,dan sholat malam di sepertiga malam yang terakhir
  5. Mencari ridlo Illahi,ridlo sesepuh,Orang Tua,Guru,dan Semua orang
  6. Rajin membaca Qur'an(untuk memperoleh fadhilah Al-Qur'an)
  7. Memperbanyak amalan Sunah.Diantaranya:Membaca S.Ar-Rahman(agar dikaruniai kecerdasan)
  8. Jangan lupa meminta do'a dan maaf pada semua warga sekolah.Jangan menyisakan dosa pada siapapun.Inget-inget apakah dulu kamu pernah bikin pak Kebun marah ketika buang sampah sembarangan,apa lupa bayar makanan di kantin sekolah,ato pernah bikin kesel temen(iseng,ambil ballpoint tanpa izin&tanpa ngembaliin,dan etc),guru (karena bolos pelajaran,gak ngerjain PR),Petugas TU(karena sering telat bayar BP3/SPP),ato malah guru BP(karena sering melanggar peraturan Sekolah/sering kena hukuman),n' adik kelas(karena sering ngganggu mereka ato malah sering malakin mereka).wes to lah....ngaku aja deh....!!!!!!!kesempatan untuk minta maaf,gak selalu datang dua kali.mungkin lebih....he...he....he....!
  9. Jaga diri dan perilaku,agar tidak mendapat do'a buruk dari orang lain.Jangan sampai,kamu disumpahin tidak lulus UAN.bisa berabe kan....????
  10. Rajin olahraga(ke Gym bila perlu,fitness,ato yang gratisan,yaitu lari-lari keliling rumah....He...he...he....)dan makan makanan yang sehat & bergizi.Kalau bisa ya...minum susu gitu...!!!biar lengkap dan seimbang nutrisinya.
  11. Terakhir,Berserah diri kepada Tuhan YME dan mengharap yang terbaik bagi diri sendiri
Sedangkan persiapan khusus di Hari dilaksanakanya UAN,yaitu dibulan Maret nanti tentunya.Adalah:
  1. Belajar setelah sholat Shubuh(yang lebih utama,karena belajar diwaktu itu,seseorang akan hafal terus dengan apa yang dipelajari sampai waktu menjelang Dhuhur
  2. Selain belajar,juga perbanyak baca Al-Qur'an
  3. Menyalami Orang Tua untuk memperoleh ridlo dan restu dari mereka
  4. Berdo'a ketika akan berangkat sekolah/keluar rumah:Bismillahi tawakkaltu 'alalloh Laa hawla wala quwwata illa billahil 'Aliyyil 'Adziiim
  5. Jagalah diri agar tetap dalam keadaan berwudlu.Jika batal,hendaknya segera berwudlu kembali
  6. Setibanya disekolah,baca surat Al-Fatihah 41 kali,dan berdo'a memohon kesuksesan keberuntungan,dan kemudahan.Amiiin....
  7. Ketika soal dibagikan,sebelum mengisi LJK dan mengerjakan soal,baca kembali S.Al-Fatihah 3X:Pertama untuk diri sendiri,Kedua dihidiahkan untuk guru mata pelajaran yang akan di ujikan dan untuk pengawasnya(agar sabar dan enak dalam mengawasi saat ujian berlangsung,agar tidak arogan)
  8. Baca Basmalah,ketika akan menggoreskan pensil di atas LJK
  9. Yang terakhir ni,Tetap jaga kejujuran dan sportivitas bermain.Eh....,kok jadi kayak pertandingan olahraga.Persik vs Persija.
Sekian dari saya,sahabat anda dari setitik cahaya pencerahan,Si SANTRI MBELING,ERIK KURNIAWAN.Blogger Seng omahe Ngunut.....

...................................SEMOGA BERMANFAAT...............................

0 komentar:

Posting Komentar